Kesenian Wayang Orang Bharata

2018-04-05 | TIM

Wayang Orang Bharata

komunitas yang terpusat di tengah hiruk pikuk kawasan Senen, Jakarta Pusat, Wayang Orang Bharata menjadi pusat perkumpulan orang-orang yang setia melestarikan pertunjukan wayang orang dengan lakon-lakon terkenal seperti Ramayana dan Mahabharata.

Komunitas Wayang Orang Bharata sudah terbentuk sejak 1963. Kelompok ini selalu menggelar pertunjukan di Gedung Bharata Purwa yang masih eksis hingga saat ini dan hanya dikhususkan untuk pagelaran wayang orang.

Tersohornya komunitas ini bisa membuat mereka beberapa kali tampil di luar negeri, seperti Turki, Jerman, dan Belanda. Pertunjukan dapat ditonton setiap hari sabtu malam minggu di Gedung Bharata Purwa yang terletak di Jl. Kalilio no. 15, Senen, Jakarta Pusat.

Kekhasan dari gedung ini sudah terlihat jelas dari gambar-gambar pandawa di luar gedung. Kapasitas yang hanya mencapai 245 orang ternyata selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Pengunjungnya memang didominasi oleh orang-orang tua, namun remaja dan anak-anak tak pernah luput di setiap waktu. Pertunjukan memang selalu menggunakan bahasa jawa, namun tersedia teks berjalan dalam Bahasa Indonesia di atas panggung. Hal unik lainnya adalah para penonton dapat menikmati delivery service makanan tradisional sembari menonton yang dijual di luar gedung, seperti ketoprak.

 

Reservasi Tiket bisa menghubungi :

Sdr M. Yunus : 0856 1211 842