PROSEDUR PEMANFAATAN / PEMAKAIAN TEMPAT PERTUNJUKAN
DI LINGKUNGAN UNIT PENGELOLA PUSAT KESENIAN JAKARTA
TAMAN ISMAIL MARZUKI

  1. Pemohon mengajukan permohonan pemanfaatan / pemakaian tempat pertunjukan di lingkungan Unit Pengelola PKJ TIM yang ditujukan kepada Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki secara online melalui website tamanismailmarzuki.jakarta.go.id
  2. Pengajuan permohonan pemanfaatan / pemakaian tempat pertunjukan di lingkungan Unit Pengelola PKJ TIM paling lambat 6 bulan sebelum acara ditampilkan di :
    1. Teater Besar
    2. Gedung Kesenian Jakarta
      serta paling lambat 3 bulan sebelum acara ditampilkan di :
      1. Teater Kecil
      2. GBB
      3. Galeri Cipta II
      4. Galeri Cipta III
      5. Miss Tjitjih
      6. WOB
      7. Plaza
      8. Taman parkir
  3. Pemohon mengupload surat permohonan pemanfaatan / pemakaian tempat pertunjukan dan proposal permohonan acara yang akan ditampilkan
  4. Acara yang ditampilkan tidak bersifat SARA dan tidak berkenaan dengan perayaan keagamaan ataupun kepentingan kampanye politik praktis, termasuk pertunjukan teater untuk merayakan pemimpin partai yang sifatnya untuk kalangan sendiri.
  5. Untuk acara yang sifatnya perayaan semata (seperti ulang tahun sekolah/organisasi, pensi atau peluncuran produk) yang tidak berkaitan dengan seni/sastra, dengan sendirinya tidak diperkenankan mengajukan program meski memakai medium seni untuk merayakannya.
  6. Satu kelompok/produser hanya bisa mengusulkan program paling banyak 2 kali dalam setahun, agar kalangan pemakai fasilitas gedung lebih merata untuk mendapat kesempatan yang sama. Permohonan lebih dari 2 kali dalam 1 tahun akan dipertimbangkan oleh DKJ sesuai dengan proposal acara yang diajukan.
  7. Permohonan akan dikuratorial oleh Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dalam waktu 14 hari kalender.
  8. Proses kuratorial akan dilakukan masing-masing komite berdasarkan jenis seni dan sastra yang akan dikuratori.
  9. Apabila hasil kuratorial DKJ memberikan rekomendasi untuk tampil, maka Kepala Unit Pengelola PKJ TIM akan memberikan surat jawaban kepada pemohon bahwa jadwal pelaksanaan acara disetujui. Pemberitahuan akan dikirim melalui email.
  10. Apabila DKJ tidak merekomendasikan untuk tampil, maka Kepala Unit Pengelola PKJ TIM akan memberikan surat penolakan pemakaian tempat pertunjukan kepada pemohon. Pemberitahuan akan dikirim melalui email.
  11. Pemohon datang ke UP PKJ TIM untuk mengambil surat jawaban dan melampirkan persyaratan (proposal asli, surat permohonan asli, fotokopi identitas diri, form pendaftaran dan bukti registrasi)
  12. Pemohon harus memiliki izin keramaian dari kepolisian, mengupload melalui website TIM dan menyerahkan ke Unit Pengelola PKJ TIM paling lambat 30 hari kalender sebelum pertunjukan, apabila dalam jangka waktu tersebut belum mengupload surat izin keramaian, Unit Pengelola PKJ TIM berhak membatalkan jadwal acara tersebut dan ditolak secara sistem. (bisa memakai kalimat lain)
  13. Pemohon menyerahkan surat izin keramaian ke Unit Pengelola PKJ TIM sebagai syarat untuk mendapatkan Surat Setoran Retribusi Daerah (SSRD)
  14. Pemohon membayar retribusi sesuai Perda Nomor 1 Tahun 2015 paling lambat 14 hari sebelum pertunjukan, apabila dalam jangka waktu tersebut belum membayar retribusi dan belum mengupload bukti pembayaran retribusi ke web TIM Unit Pengelola PKJ TIM berhak membatalkan jadwal acara tersebut.
  15. Pemohon menandatangani MOU pemakaian tempat pertunjukan sebelum melaksanakan Technical Meeting.
  16. Pemohon koordinasi dengan bagian satlak Program Kesenian Unit Pengelola PKJ TIM terkait jadwal Technical Meeting.
  17. Pemohon Wajib melaksanakan Technical Meeting dengan Unit Pengelola PKJ TIM paling lambat 7 hari sebelum pertunjukan.
  18. Jam operasional pemakaian tempat pertunjukan pukul 08.00 s.d 23.00 WIB tanpa ada penambahan waktu.
  19. Mengurus pajak tontonan jika menjual tiket dan mengurus pajak reklame jika ada sponsor, dan menyerahkan fotocopy bukti pembayaran pajak ke Unit Pengelola PKJ TIM.
  20. Informasi pendaftaran online akan dikirim melalui email pemohon yang sudah didaftarkan